Contoh Format Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran - Jejaring Kimia

Hot

Post Top Ad

November 15, 2018

Contoh Format Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran

Penilaian Kinerja Guru

Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Secara umum, Penilian Kinerja Guru (PK Guru) memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut.
  • Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
  • Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.
Baca juga, Contoh Penyusunan SKP Guru Kelas / Mata Pelajaran

Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran

Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas, meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mensyaratkan guru menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesional. Untuk mempermudah penilaian dalam PK GURU, 24 (dua puluh empat) kompetensi tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi dan 78 (tujuh puluh delapan) indikator sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

Adapun 14 (empat belas) kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut.
Kompetensi PK Guru Kelas
Baca juga, Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor)

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran terdiri atas:

Lampiran 1 A: Lembar pernyataan kompetensi, indikator, dan cara menilai PK Guru Kelas/Mata Pelajaran

Lembar ini berisi daftar dan penjelasan tentang ranah kompetensi, kompetensi, dan indikator kinerja guru yang harus diukur melalui pengamatan dan pemantauan. Cara melakukan penilaian untuk masing-masing kompetensi dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Cara penilaian PK Guru kelas
Keterangan
  • Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan proses pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan
  • Pemantauan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru yang dinilai, dan/atau wawancara dengan warga sekolah.

Lampiran 1 B: Laporan dan Evaluasi Penilaian Kinerja Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran

Format catatan dan evaluasi penilaian kinerja per kompetensi digunakan untuk mencatat semua hasil pengamatan dan pemantauan yang telah dilakukan, sebagai bukti pelaksanaan penilaian kinerja guru. Catatan ini harus dilengkapi dengan bukti‐bukti fisik tertentu, misalnya dokumen pembelajaran dan penilaian, alat peraga dan media pembelajaran, atau dokumen lain yang menguatkan bukti kinerja guru. Berdasarkan catatan hasil pengamatan dan pemantauan serta bukti fisik yang ada, penilai di sekolah memberikan skor 0, 1, 2, pada setiap indikator kinerja guru pada tabel yang disediakan. Persentase perolehan skor per kompetensi kemudian dikonversikan ke nilai 1, 2, 3, 4.
Laporan dan evaluasi PK Guru Kelas

Lampiran 1 C: Rekap Hasil Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran

Nilai per kompetensi kemudian direkapitulasi ke format rekap hasil PK Guru untuk mendapatkan nilai total PK Guru (Lampiran 1C). Nilai inilah yang selanjutnya dikonversi ke skala nilai kinerja menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 untuk diperhitungkan sebagai perolehan angka kredit guru di tahun tersebut. Format rekap hasil PK Guru dipergunakan untuk merekapitulasi hasil PK Guru formatif dan sumatif. Format ini juga dipergunakan untuk memantau kemajuan guru yang hasil PK Guru formatifnya mempunyai nilai di bawah standar (1 dan/atau 2), lihat panduan program PKB. Ketiga format rekap hasil PK Guru (formatif, sumatif, dan kemajuan) akan dipergunakan sebagai masukan untuk menyusun laporan kendali kinerja guru. Fomat rekap hasil PK GURU sumatif dipergunakan sebagai dasar penghitungan angka kredit bagi tim penilai jabatan fungsional guru di tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau pusat sesuai kewenangannya.
Rekap hasil PK Guru kelas

Lampiran 1 D: Format Penghitungan Angka Kredit PK Guru Kelas / Mata Pelajaran

Setelah memperoleh nilai total PK Guru kelas / mata pelajaran, penilai dapat melakukan perhitungan angka kredit. Perhitungan angka kredit hasil PK Guru kelas / mata pelajaran dapat dilakukan di sekolah tetapi sifatnya hanya untuk keperluan estimasi perolehan angka kredit. Bagi tim penilai di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, angka kredit hasil perhitungan tim penilai tersebut akan dipergunakan sebagai dasar penetapan perolehan angka kredit guru (Lampiran 1D).
Menghitung AK dari PK Guru kelas
Untuk menghitung Angka Kredit dari hasil Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran, dapat dipelajari lebih lanjut di sini.
Download format Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran (Lampiran 1 A - 1 D), klik di sini.
Download contoh format Penilaian Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran dalam bentuk excel, klik di sini.

Sumber: Buku 2 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)
Rino Safrizal
Jejaring Kimia Updated at: November 15, 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad