Tutorial Instalasi Joomla di Komputer Lokal (localhost) Menggunakan Server Xampp

.Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) atau sistem manajemen konten yang berbasis open source alias gratis untuk menerbitkan konten web. Dibangun berdasarkan kerangka aplikasi web model-view-controller yang dapat digunakan secara bebas dari CMS.

Joomla! Ditulis dalam bahasa pemograman PHP, menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek (OOP) dan pola perancangan perangkat lunak, dan penyimpanan data dalam bentuk database MySQL, MS SQL (sejak versi 2.5), atau PostgreSQL (sejak versi 3.0) dan mencakup fitur seperti caching halaman, umpan RSS, versi halaman yang dapat dicetak, kilasan berita, blog, pencarian, dan dukungan untuk bahasa internasional.

Sejak bulan November 2016, Joomla! telah diunduh lebih dari 81 juta pengguna. Terdapat lebih dari 7.800 ekstensi yang bersifat gratis maupun berbayar tersedia di situs ekstensi Joomla!. Joomla merupakan CMS kedua yang paling banyak digunakan di Internet, setelah WordPress.

Adapun tahapan instalasi CMS Joomla! di komputer lokal (localhost) menggunakan server xampp adalah sebagai berikut:

#1 Download file server Xampp, klik di sini.
#2 Lakukan instalasi server Xampp seperti melakukan instalasi pada aplikasi lain sampai dengan selesai


Jika muncul pesan di atas, tekan Ok

Tahap awal instalasi CMS Joomla!

Proses instalasi CMS Joomla!
#3 Jika instalasi server xampp selesai, buka control panel Xampp dan aktifkan module Apache dan MySQL dengan mengklik Start.


#4 Buatlah folder baru pada direktori Local Disk (C:) > Xampp > htdocs > New Folder, ganti nama New Folder sesuai dengan keinginan sobat, misal saya ganti dengan nama Gaza.


#5 Ekstrak file instalasi Joomla ke direktori Gaza yang sudah dibuat tadi


#6 Buka web browser sobat misal opera atau firefox lalu ketikkan localhost/dasboard


#7 Klik phpMyAdmin yang berada pada pojok kanan atas atau ketik localhost/phpmyadmin, lalu buatlah database baru dengan nama sesuai keinginan sobat, di sini saya pilih data_gaza dengan jenis Collation utf8mb4_bin


#8 Lakukan instalasi CMS Joomla dengan mengetik localhost/gaza (ganti gaza sesuai dengan direktori yang sobat buat tadi)


Isikan Site Name, Description, Email, Username, Password, dan Confirm Password, tekan Next seperti gambar di atas.

#9 Lakukan konfigurasi database sebagai berikut

Host Name: localhost
Username : root
Password: dikosongkan
Database: data_gaza (sesuai dengan database yang dibuat)
lanjutkan dengan mengklik Next 


#10. Overview hasil konfigurasi sebelum melakukan instalasi CMS Joomla!



Lanjutkan dengan mengklik install

Instalasi CMS Joomla sedang berjalan
Jika instalasi berhasil maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Hapus folder instalasi dengan mengklik Remove Installation Folder. Lanjutkan dengan mengklik Administrator atau langsung kunjungi localhost/gaza/administrator


#11 Masukkan user dan password CMS Joomla! pada kolom berikut


Tampilan Control Panel CMS Joomla! seperti gambar di bawah ini.



Demikian tutorial singkat cara instalasi CMS Joomla di komputer lokal (localhost) menggunakan server Xampp, semoga dapat membantu. 

GET NEW INFORMATION

SOCIAL NETWORK

CB Blogger