Simulasi Membuat Jaringan Sederhana dengan Cisco Packet Tracer

Materi TKJ - Untuk membuat jaringan sederhana dengan aplikasi Cisco Packet Tracer dibutuhkan setidaknya 2 unit workstation yang nantinya akan dihubungkan dengan hub maupun switch. Adapun topologi jaringan yang akan dibuat seperti gambar berikut ini.

Langkah #1

Siapkan 2 unit wosktation dan 1 buah switch (pilih yang generic)

Langkah #2

Hubungkan masing-masing workstation dengan switch menggunakan kabel tipe straight

Langkah #3

Lakukan konfigurasi IP address pada masing-masing workstation, dengan mengklik gambar PC0 dan PC1 lalu pilih tab Desktop > IP Configuration atau dapat pula melalui tab Config > FastEthernet0. Pada konfigurasi IP static isikan alamat IP address 192.168.137.1 untuk PC0 dan 192.168.137.2 untuk PC1 dengan Subnet Mask 255.255.255.0 (otomatis terisi).

Konfigurasi IP address pada PC0


Konfigurasi IP address pada PC1

Langkah #4

Lakuan pengujian koneksi jaringan dengan cara klik icon amplop surat yang berada di sebelah kanan layar, drag ke PC0 dan PC1 maupun sebaliknya. Hasil pengjuian dapat dilihat pada kolom realtime yang berada di pojok kanan bawah, seperti pada gambar berikut ini.


Pengujian dapat juga dilakukan dengan perintah ping dengan cara klik icon gambar PC0 maupun PC1 lalu pilih tab Desktop > Command Prompt, ketik perintah ping [IP addres]. Contoh seperti gambar berikut ini.


Demikian simulasi pembuatan jaringan sederhana menggunakan Cisco Packet Tracker, tunggu tutorial berikutnya terkait dengan materi Teknik Komputer dan Jaringan.

GET NEW INFORMATION

SOCIAL NETWORK

CB Blogger