Mengenal Jenis Lisensi dan Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer - Jejaring Kimia

Hot

Post Top Ad

April 15, 2017

Mengenal Jenis Lisensi dan Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer

Teknik Komputer dan Jaringan - Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna dan perangkat keras komputer.

Berdasarkan lisensinya terdapat dua jenis sistem operasi yaitu close source dan open source.

# Sistem operasi close source

Sistem operasi close source adalah sistem operasi dimana vendor yang mengembangkan sistem operasi tersebut tidak membuka source code dari sistem operasi untuk publik. Salah satu vendor yang membuat sistem operasi close source adalah perusahaan komputer ternama yaitu Microsoft.
Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft mempunyai lisensi komersial artinya untuk menggunakan sistem operasi dari Microsoft kita harus membayar lisensi atau dengan membeli sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan antara pengguna dengan perusahaan. Beberapa sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Windows NT, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan generasi terbaru yaitu Windows 10.

# Sistem operasi open source

Sistem operasi open source atau nama lainnya General Public License (GNU/GPL) adalah sistem operasi yang memiliki free license atau lisensi gratis dari pengembang sistem operasi.
Sistem operasi open source berbeda dengan sistem operasi close source, sistem operasi open source hidupnya bergantung pada pengembang karena sistem operasi ini dikembangkan oleh komunitas. Salah satu keuntungannya adalah kita dapat ikut mengembangkan sistem operasi ini karena source code dari sistem operasi ini dibuka untuk publik, kita dapat mengunduh filenya dan kita dapat membuat distro baru dari sistem operasi yang sudah ada. Salah satu sistem operasi berbasi open source adalah Linux.
Baca juga, Membuat Bootable USB Flashdisk Windows dan Linux via Command Prompt
Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop (Desktop Environment) seperti GNOME, KDE, dan Xfce. Distro Linux juga dilengkapi dengan paket aplikasi perkantoran (Office Suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric, dan LibreOffice. Salah satu distro Linux berbasiskan Debian adalah Ubuntu.

Untuk menempatkan sistem operasi ke dalam perangkat komputer maka dibutuhkan proses instalasi. Adapun instalasi sistem operasi dapat dilakukan menggunakan 4 (empat) metode yaitu sebagai berikut:
Baca juga, Mengaktifkan dan Memanfaatkan Fitur Wifi via Command Prompt pada Windows 8 untuk Berbagi Data

#1 Metode clean install

Instalasi dengan metode clean install merupakan metode instalasi sistem operasi dengan menghapus data lama yang sudah ada atau pada saat pertama kali melakukan instalasi sistem operasi.

#2 Metode upgrade

Upgrade merupakan metode instalasi yang bertujuan untuk menambah file database atau melakukan pembaharuan tertentu tanpa menghapus sistem operasi lama.

# 3 Metode multibooting

Metode multibooting merupakan metode instalasi sistem operasi di mana akan terdapat dua atau lebih sistem operasi dalam satu komputer. Jika terdapat dua sistem operasi dalam satu komputer disebut dengan dualbooting.

# 4 Metode virtualisasi

Metode virtualisasi merupakan metode yang memungkinkan instalasi sistem operasi dilakukan di atas sistem operasi yang ada pada saat ini. Metode ini menggunakan aplikasi tertentu yang sudah terinstall kemudian melakukan instalasi sistem operasi di dalam aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang dapat dipakai untuk melakukan metode ini adalah VirtualBox.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan jenis lisensi dan metode instalasi sistem operasi komputer, semoga informasi ini dapat mencerahkan pembaja.
Rino Safrizal
Jejaring Kimia Updated at: April 15, 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad