Mengenal Senyawa Polialkohol

Jejaring Kimia – Alkanol atau alkohol merupakan senyawa karbon turunan alkana dari keluarga alkohol yang mempunyai gugus hidroksil –OH. Alkanol dapat dibedakan menjadi monoalkohol (-ol) yang memiliki 1 gugus –OH dan polialkohol dengan lebih dari 1 gugus –OH.

Polialkohol dengan 2 gugus –OH disebut dengan dialkohol (-diol) sedangkan polialkohol dengan  3 gugus –OH disebut dengan trialkohol (-triol). Keberadaan lebih dari satu gugus –OH menyebabkan peningkatan kekuatan ikatan hidrogen antarmolekul polialkohol. Hal ini ditunjukan dari angka titik didih monoalkohol (-ol) 97,2oC pada senyawa 1-propanol, titik didih dialkohol (-diol) 189oC pada senyawa 1,2 propanadiol, dan titik didih trialkohol (-triol) 290oC pada senyawa 1,2,3-propanatriol untuk jumlah atom C yang sama. Berikut akan dijelaskan secara ringkas tentang beberapa senyawa polialkohol.


1,2-etanadiol (etilen glikol)


Etilen glikol merupakan senyawa dialkohol yang mempunyai sifat tidak berwarna, berasa manis, dan berada dalam fase cair pada suhu ruang. Titik bekunya adalah -11,5oC sehingga sangat baik digunakan sebagai zat antibeku pada radiator kendaraan di daerah dingin. Etilen glikol juga digunakan sebagai pelarut dan bahan untuk membuat serat poliester.

Etilen glikol dibuat dari reaksi oksidasi etena (etilena) dengan bantuan katalis Ag yang menghasilkan etilena oksida, yang selanjutnya dihidrolisis dalam suasana asam.

Berikut reaksinya:

1,2,3-propanatriol (gliserin/gliserol)


Gliserin merupakan senyawa trialkohol yang mempunyai sifat tidak berwarna, berasa manis, dan berada dalam fase cair pada suhu ruang. Gliserol bersifat higroskospis, yaitu menyerap air dari udara dan larut dalam air tersebut. Gliserol diperoleh dari hasil samping industri sabun. Beberapa kegunaan gliserol adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pelembab dan pelembut pada lotion, kosmetik, dan tembakau
  • Untuk membuat nitrogliserin (gliserol trinitrat) yaitu komponen bahan peledak
  • Untuk membuat zat pemanis, plastik, serat sintetis, dan obat batuk
  • Gliserol juga merupakan komponen penyusun lemak /minyak pada makhluk hidup.
Mengenal Senyawa Polialkohol Mengenal Senyawa Polialkohol Reviewed by Rino Safrizal on 09:30 Rating: 5