Mudah Belajar Kimia dengan Aplikasi Android ChemMobile

Jejaring Kimia – Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang sebuah aplikasi kimia berbasis Android. Sasaran saya adalah para siswa siswi yang menginjak bangku SMP dan SMA, dan juga para guru kimia di Indonesia. Dengan aplikasi kimia ini, belajar kimia menjadi lebih fleksibel, tidak hanya terpaku pada buku, guru maupun media internet, karena materi dasar kimia tersaji di sini.

Jika dibandingkan dengan masa-masa sekolah dulu yang begitu sulit untuk mencari sumber belajar selain dari buku dan penyampaian guru, tapi di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini semua terasa mudah. Cukup dengan membuka perangkat smartphone Android, dan menginstal beberapa aplikasi yang berhubungan dengan pembelajaran kimia, maka belajar kimia terasa menjadi menyenangkan dan fleksibel. Diharapkan dengan aplikasi kimia ini, materi kimia tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi para sisiwa.

Adalah ChemMobile sebuah aplikasi pembelajaran kimia gratis berbasis Android yang dapat membantu kita memahami materi kimia dengan mudah dan menyenangkan. Dilengkapi dengan data berupa rumus kimia, nilai tetapan/konstanta terkait perhitungan kimia, lambang dan informasi unsur kimia. Dengan aplikasi kimia ChemMobile ini kita dapat mengetahui dan mempelajari berbagai materi kimia diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengenal berbagai jenis unsur (Materi Sistem Periodik Unsur)
  2. Tata nama dan Persamaan reaksi kimia
  3. Perhitungan kimia (Stoikiometri)
  4. Kesetimbangan kimia
  5. Hukum dasar kimia
  6. Kelarutan dan Hasil kali kelarutan (Ksp), dll
Lalu, kemudahan apa saja yang akan kita dapatkan dari aplikasi kimia ini ?

Informasi sistem periodik unsur

Pada aplikasi kimia ChemMobile kita dapat mengetahui berbagai informasi singkat tentang unsur, diantaranya nama unsur kimia, lambang unsur kimia, nomor atom, massa atom, dan kelompok unsur kimia.
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Info > Select by atau pilih berdasarkan nama, nomor, maupun lambang unsur.

Jika kita ingin informasi mendalam tentang unsur kimia terkait, kita dapat lakukan dengan memilih get info yang terhubung langsung ke situs referensi dunia wikipedia. Kita juga dapat melihat dalam bentuk tabel sistem periodik unsur untuk mengetahui golongan dan periode unsur dengan cara: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Tabel > Pilih unsur kimia yang ingin diketahui.



Penyetaraan Reaksi Kimia

Saya mengambil contoh penyetaraan reaksi pembakaran sempurna Butena C4H8 yang menghasilkan karbondioksida CO2 dan uap air H2O
C4H8 + O2 --> CO2 + H2O (reaksi belum setara)

Untuk menyetarakan reaksi di atas, gunakan navigasi berikut:
Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Balance > Input zat-zat pereaksi pada kolom Reactants > Input zat-zat hasil reaksi pada kolom Products > Klik Balance > (Reaksi Setara)

Untuk persamaan reaksi kimia yang melibatkan banyak pereaksi dan hasil reaksi kimia seperti pada materi kimia menyetarakan reaksi redoks, aplikasi kimia ChemMobile sangat membantu karena hasil yang ditampilkan akurat sesuai dengan perhitungan. Tapi jika Anda mengerjakan soal kimia harus punya prosedur untuk mendapatkan hasil. Jadikan aplikasi kimia ChemMobile ini sebagai pembanding saja.

Menghitung massa, mol, dan volume (STP) zat berdasarkan persamaan reaksi kimia

Kita dapat menghitung massa, mol, maupun volume zat berdasarkan persamaan reaksi kimia yang sudah kita buat (sebelumnya harus disetarakan terlebih dahulu) dengan memilih Stoichiometry, pilih satuan yang diinginkan dan input jumlahnya seperti gambar di bawah ini.

Memahami perhitungan hukum dasar kimia

Pada aplikasi kimia ChemMobile ini terdapat berbagai rumus terkait hukum dasar kimia seperti hukum Boyle, Hukum Gay-Lussac (Hukum perbandingan volume), persamaan gas ideal, dll.
Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Gas Laws > Pilih rumus kimia lalu inputnya nilainya pada kolom yang tersedia.

Menghitung massa molar zat

Massa molar zat adalah massa 1 mol suatu zat yang sama dengan Ar atau Mr zat itu yang dinyatakan dalam gram/mol.

Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Molar Mass > Input zat atau senyawa yang ingin diketahui massa molarnya > Calculate (hasil)

Kita juga dapat mengkonversi massa molar zat ini ke dalam satuan gram maupun mol dengan cara memilih convert. Jika ingin mengetahui zat dalam satuan gram inputkan jumlah mol zat tersebut, begitu juga sebaliknya.

Contoh: massa molar O2 adalah 31,998 g/mol (32 g/mol). Hitung massa O2 jika diketahui 2 mol O2.
Rumus yang digunakan adalah:
gram O2 = mol O2 x massa molar O2
gram = 2 mol x 32 g/mol = 64 g O2

Untuk menyelesaikan soal di atas, pilih molar Mass > input O2 > Calculate > Convert > mole to Mass > Hasil (samakan dengan hasil hitungan Anda dibuku)

Bagian Other pada gambar di atas berfungsi untuk mengetahui fraksi massa dan mol, serta rumus empiris suatu senyawa kimia. Silakan Anda bersimulasi sendiri.

Mengetahui kelompok unsur logam maupun non logam

Sistem periodik unsur terdiri dari berbagai jenis unsur logam, semi logam, dan non logam. Di sini Anda dapat mengetahui klasifikasi unsur-unsur kimia tersebut.

Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Activity Series

Mengetahui berbagai rumus kimia yang terkait dengan perhitungan kimia seperti persamaan gas, termokimia, elektrokimia, kesetimbangan kimia, dll

Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Formulas

Mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya seperti CN- untuk sianida, AlO2- untuk alumina, CO32- untuk karbonat, dll

Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Poliatomic Ions
Mengetahui berbagai jenis kation dan anion yang mudah larut dan sukar larut Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Solubility

Mengetahui besaran potensial reduksi standar unsur kimia

Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Reduction Potential

Sampai di sini tutorial singkat mengenai aplikasi kimia chemmobile berbasis android, mudah-mudahan dengan tutorial ini dapat membantu Anda khususnya para siswa dalam memahami materi kimia. Tinggalkan komentar Anda di kolom komentar blog maupun komentar facebook di bawah ini.

PERINGATAN KERAS BAGI PARA SISWA 
APLIKASI KIMIA CHEMMOBILE INI HANYA DIGUNAKAN UNTUK MEMBANTU ANDA MEMAHAMI MATERI TERKAIT KIMIA, JANGAN GUNAKAN APLIKASI KIMIA CHEMMOBILE INI JALAN CEPAT UNTUK MENYELESAIKAN TUGAS RUMAH MAUPUN LATIHAN YANG SEHARUSNYA ANDA KERJAKAN DENGAN PIKIRAN ANDA. ANDA PERLU PROSEDUR DALAM MENGERJAKAN SOAL YANG DIBERIKAN OLEH GURU KIMIA ANDA. JADIKAN APLIKASI INI SEBAGAI PEMBANDING SAJA. BANYAK-BANYAKLAH MENCOBA DAN CEK HASIL LATIHAN ANDA DI SINI. SELAMAT MENCOBA !!!
Mudah Belajar Kimia dengan Aplikasi Android ChemMobile Mudah Belajar Kimia dengan Aplikasi Android ChemMobile Reviewed by Rino Safrizal on 10:46 Rating: 5