Animasi Kimia - Rumus Molekul dan Rumus Empiris Senyawa

Standar Kompetensi

2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

Kompetensi Dasar

2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

Tujuan Pembelajaran

  • Membedakan antara rumus empiris dan rumus molekul berdasarkan definisinya
  • Menentukan rumus empiris dan rumus molekul berdasarkan data

Ringkasan Materi

Rumus molekul suatu senyawa menyatakan jenis dan jumlah atom-atom unsur dalam satu molekul senyawa itu, sedangkan rumus empiris menyatakan perbandingan paling sederhana dari atom-atom unsur penyusun senyawa.

Contoh adalah glukosa. Glukosa terdiri atas 6 atom C, 12 atom H, dan 6 atom O sehingga rumus molekulnya adalah C6H12O6. Dari rumus molekul glukosa tersebut diperoleh rumus empirisnya yaitu CH2O. Selengkapnya simak cuplikan animasi pembelaran mengenai perbedaan rumus empiris dan rumus molekul suatu senyawa berikut ini.

Berikut ini screenshot animasi materi rumus molekul dan rumus empiris senyawa.



View on ShareSWF


Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload animasi kimia materi rumusmolekul dan rumus empiris senyawa dengan mengklik di sini .
Animasi Kimia - Rumus Molekul dan Rumus Empiris Senyawa Animasi Kimia - Rumus Molekul dan Rumus Empiris Senyawa Reviewed by Rino Safrizal on 01:23 Rating: 5