Animasi Kimia - Materi Polimer

Standar Kompetensi

4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

Kompetensi Dasar

4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
  1. Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
  2. Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
  3. Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
  4. Mendeskripsikan kegunaan polimer

Ringkasan Materi

Sebagian makromolekul (termasuk diantaranya karbohidrat, protein, dan lemak) mempunyai struktur yang lebih teratur, yakni tersusun dari unit-unit terkecil dengan struktur yang karakteristik berulang, mulai dari 50 sampai ribuan unit. Makromolekul yang dimekian disebut dengan polimer dan unit-unit terkecilnya disebut dengan monomer. Materi selengkapnya dapat Anda simak di sini.

Berikut ini screenshot animasi materi polimer.



View on ShareSWF

Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload animasi kimia materi polimer dengan mengklik di sini.

22 Responses to "Animasi Kimia - Materi Polimer"

  1. wah ilmu kimia ya sob,,ampun deh ane kao kimia mah wkwkwk

    ReplyDelete
  2. post nya bermanfaat bgt nih buat yg msh sekolah.? palagi yg jurusan fisika..?? nice post sob..??

    ReplyDelete
  3. @ Blogcunayz: Ach bisa aja sob, tanpa kita sadari kimia akrab dg kita sob.

    @ Masnady_Bloegreen: Terima kasih Mas.

    ReplyDelete
  4. wah bermanfaat nih buat adik saya yang masih sekolah . . . thanks kawan . . .

    ReplyDelete
  5. Wah,.. ane msh bingung ama pljaran kimia, tp ttp mau bljar tentu'nya.. !! :)

    ehh,, itu ane follback sahabat #71.. :)

    Happy Blogging Sahabatku..!

    ReplyDelete
  6. Singgah baca2 pak.. :) salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. wah..saya lupa ntu materi Polimer padahal baru semalam kelas xii ipa,,,,hahhaha
    mampir ya sob,,,,
    and comment ya
    www.immanueladmin.blogspot.com
    thanks

    ReplyDelete
  8. kimia...dulu wkt sma suka bangets, tp gara2 kuliah iy lupa dah semua :D

    ReplyDelete
  9. @ Kumpulan Artikel: Sama-sama Mas, senang bisa berbagi di sini.
    @ Tagantar: Terima kasih Mas, udah sy fol back sebelumnya.
    @ SEO : Thanks.
    @ Tonnys: Salam kenal juga Mas.
    @ Club Online Sumedang: Silakan Mas
    @Hendri Prasetio Kurniawan: Silakan Mas, Terima kasih atas kunjungannya.
    @ Nuels Blog: Wah, sayang sekali, padahal polimer akrab sekali dengan kehidupan kita.
    @ Fitra: Terima kasih ya Atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  10. kunjungan balik sob..
    mengingat kembali materi kimia saat SMA dulu.
    sangat bermanfaat, pa lagi smp sekarang sudah dikenalkan materi kimia.

    ReplyDelete
  11. kimia?
    wahh, jadi inget masa2 SMA dulu gan..
    nice post gan, semoga bermanfaat
    ditunggu kunjungan baliknya ya
    happy blogging :)

    ReplyDelete
  12. @ Sukajiyah: Terima kasih Ibu atas kunjungannya di blog sy. Bener bu, kimia akrab dg kehidupan kita, jd sy rasa emang wajib diajarkan di bangku SMP.

    @ Outbound Malang: Terima kasih gan.

    ReplyDelete
  13. Hehehe..kimia...emg bikin inget ms2 SMA...nilai terendah saya ya di kimia ini hehe...happy blogging sob...:D

    ReplyDelete
  14. @ Arman: Wah, ga apa gan. kita bisa merasakan indahnya kimia karena sangat akrab dengan kehidupan kita. Terima kasih sudah mampir di sini.

    ReplyDelete
  15. wah....yang jago kimia....salut buat agan salam sukses....

    ReplyDelete
  16. Bali backpaker: Terima kasih Mas, cuma bisa sharing materi..

    ReplyDelete
  17. link download animasinya rusak ea?

    ReplyDelete
  18. Bisa kq, silakan pilih menu FILE lalu pilih download. Posisinya berada di atas kiri

    ReplyDelete

GET NEW INFORMATION

SOCIAL NETWORK

CB Blogger