Animasi Kimia - Materi Larutan Penyangga (Buffer)

Standar Kompetensi

4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar

4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

Tujuan Pembelejaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
  1. Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
  2. Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
  3. Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran
  4. Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup

Ringkasan Materi

Larutan penyangga atau larutan buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan pH tertentu terhadap usaha mengubah pH, seperti penambahan asam, basa, ataupun pengenceran. Dengan kata lain pH larutan penyangga tidak akan berubah walaupun pada larutan tersebut ditambahkan sedikit asam kuat, basa kuat atau larutan tersebut diencerkan.

Dalam berbagai aktifitas yang melibatkan reaksi-reaksi dalam larutan seringkali diperlukan pH yang harganya tetap. Misalnya kita memerlukan suatu larutan dengan pH = 4 selama melakukan percobaan, dan pH-nya tidak berubah-ubah.

Cairan dalam tubuh kita juga pH-nya harus tetap dijaga, yaitu pada harga 7,4. apabila pH-nya berubah misalnya kurang dari 7,0 atau lebih dari 7,8, hal tersebut akan sangat membahyakan bagi tubuh kita bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, cairan dalam tubuh kita harus memiliki sifat sebagai larutan penyangga sehingga dapat mempertahankan pH cairan tubuh walaupun tubuh kita menerima berbagai penambahan, misalnya zat yang mengandung asam atau basa.

Berikut ini screenshot animasi materi larutan penyangga:



View on ShareSWF


Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload animasi kimia materi larutan penyangga/buffer dengan mengklik di sini.
Animasi Kimia - Materi Larutan Penyangga (Buffer) Animasi Kimia - Materi Larutan Penyangga (Buffer) Reviewed by Rino Safrizal on 09:30 Rating: 5