Partikel Dasar Penyusun Atom - Jejaring Kimia

Hot

Juli 27, 2012

Partikel Dasar Penyusun Atom

struktur atom
Atom merupakan komponen dasar dalam mempelajari ilmu kimia. Atom  merupakan dasar untuk segala sesuatu di alam semesta. Semua benda yang ada di sekitar kita maupun alam semesta (kita menyebutnya sebagai materi) terdiri dari sekumpulan atom. Menurut Dalton atom merupakan materi yang tidak bisa dibagi lagi tetapi masih punya sifat yang sama seperti aslinya. Analogi untuk pernyataan yang dikemukakan oleh Dalton adalah: jika Anda membagi kertas menjadi dua bagian, lalu dari tiap bagian tersebut dibagi dua lagi sehingga diperoleh bagian terkecil yang tidak bisa lagi untuk dibagi tetapi masih berupa kertas.  

Baca juga, Perkembangan teori atom dan struktur atom

Apakah ada yang lebih kecil dari sebuah atom? 

struktur atomApakah ada bagian dari suatu materi yang lebih kecil dari atom? Tentu ada. Hal ini terungkap oleh J.J Thomson yang menemukan suatu partikel yang lebih kecil dari atom yaitu elektron melalui percobaan yang ia lakukan dengan Tabung Crookes (hampa udara). Perkembangan berikutnya ditemukan inti atom oleh Rutherford, partikel proton oleh Goldstein, dan neutron oleh Chadwick. Jadi sebuah atom terdiri dari 3 partikel kecil yaitu proton dan neutron yang merupakan penyusun inti atom, serta elektron yang berpurar mengelilingi inti atom.

Jadi dapat di simpulkan bahwa:
  • atom merupakan penyusun utama suatu materi
  • atom terdiri dari tiga partikel yaitu elektron, proton, dan neutron
  • atom terdiri atas inti atom yang berisi proton dan neutron, dan elektron yang berputar mengelilingi inti atom melalui lintasan-lintasannya (kulit).
Rino Safrizal
Jejaring Kimia Updated at: Juli 27, 2012

Post Top Ad