Animasi Kimia: Materi Unsur-Unsur Halogen (Golongan VIIA)

Standar Kompetensi

3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam

Tujuan Kegiatan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
  1. Menguraikan sifat-sifat fisik unsur-unsur halogen antara lain jari-jari, titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, dan sifat khusus lainnya.
  2. Menguraikan sifat-sifat kimia unsur-unsur halogen seperti kereaktifan, kelarutan, dan sifat fisik lainnya melalui percobaan atau diskusi.
  3. Merancang dan melakukan percobaan tentang daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida

Deskripsi singkat tentang materi Unsur-unsur Halogen

Nama halogen yang merupakan nama lain dari unsur-unsur golongan VIIA diambil dari bahasa Yunani yang bearti "Pembentuk Garam". Halogen merupakan unsur yang sangat reaktif, mudah sekali bereaksi dengan unsur-unsur logam terutama dengan unsur yang sangat elektropositif seperti golongan alkali dan alkali tanah membentuk garam. Karena sifatnya yang sangat reaktif, banyak senyawa yang dapat dihasilkan dari reaksi halogen ini. Lebih lengkapnya, silakan mainkan animasi materi di bawah ini.

Apa saja yang disajikan di sini?

Beberapa sub pokok materi yang disajikan melalui media flash di bawah ini adalah sebagai berikut:
  1. Sifat unsur-unsur halogen
  2. Senyawa halogen
  3. pembuatan senyawa halogen
  4. kegunaan unsur dan senyawa halogen


Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload Animasi Kimia: Materi Unsur-Unsur Halogen (Golongan VIIA) dengan mengklik di sini.
Animasi Kimia: Materi Unsur-Unsur Halogen (Golongan VIIA) Animasi Kimia: Materi Unsur-Unsur Halogen (Golongan VIIA) Reviewed by Rino Safrizal on 17:32 Rating: 5