Animasi Kimia: Materi Asam Basa - Jejaring Kimia

Hot

Post Top Ad

April 13, 2016

Animasi Kimia: Materi Asam Basa

Standar Kompetensi Materi Asam Basa 

  1. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. (SMA)
  2. Memahami perkembangan konsep reaksi kimia (SMK)

Kompetisi Dasar Materi Asam Basa

  1. Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.(SMA)
  2. Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia. (SMK)

Indikator Materi Asam Basa

  1. Menjelaskan pengertian asam basa menurut Arrhenius
  2. Mengukur pH asam/basa kuat maupun lemah yang mempunyai harga konsentrasi sama
  3. Menyimpulkan hubungan antara besarnya harga pH terhadap kekuatan asam basa
  4. Menghubungkan kekuatan asam basa dengan derajat ionisasi dan tetapan kesetimbangan ionisasinya
  5. Menghitung pH (derajat keasaman) asam basa dengan data konsentrasinya
  6. Mengamati trayek perubahan warna berbagai indikator asam basa dan memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak di kenal

Deskrispsi Singkat tentang Materi Asam Basa

Asam basa merupakan suatu karakteristik/sifat setiap zat yang dilarutkan dalam suatu pelarut (kebanyakan pelarut air). Ada tiga teori yang menjelaskan tentang teori asam basa, yaitu teori asam basa Arrhenius, teori asam basa Bronsted Lowry, dan teori asam basa Lewis. Semua menjelaskan dengan cara yang berbeda. Untuk materi kali ini, hanya akan disajikan tentang teori asam basa Arrhenius

Adapun materi yang dipaparkan melalui animasi di bawah ini mencakup berbagai sub pokok materi, diantaranya:
  1. Teori Asam Basa
  2. Indikator Asam Basa
  3. Kekuatan Asam Basa
  4. pH Larutan Asam Basa
  5. Menentukan Trayek pH Larutan
  6. Titrasi Asam Basa

Penasaran? Silakan mainkan video flash di bawah ini. Download materi asam basa lebih lengkap? Klik di sini.



Khusus untuk sub materi kekuatan asam basa, dapat di lihat video berikut ini.

Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload Animasi Kimia: Materi Asam Basa dengan mengklik di sini.
Rino Safrizal
Jejaring Kimia Updated at: April 13, 2016

15 komentar:

  1. mmmhh special materi kimia ya? H2SO4

    BalasHapus
  2. @ Sentuhan ajaib pasutri: Betul sekali gan, terima kasih atas kunjungannya. =))

    BalasHapus
  3. waduuuhhh kalo soal kimia ampun aq, dulu wktu sekolah aq sering cabut kalo pljrn kimia... hahhahaaaaaa

    BalasHapus
  4. Waduh.......
    dah lupa smua nih pelajaran KIMIA,
    dulu S1 nya jurusan Comparativ Religion,
    S2nya Teknologi Pendidikan,
    jadi gak pernah belajar kimia lagi nih,
    mau belajar banyak disini deh....,

    BalasHapus
  5. bisa bikin bom atom ni :D

    SAKSES SELALU SOB,,, ARTIKEL NYA BERMANFAAT...

    BalasHapus
  6. @ Zaenal Blog: Silakan gan, terima kasih telah membuat blog ini menjadi bermanfaat. :D
    @ Igun Sukasuka: Menyajikan teori aja di sini gan, terima kasih supportnya gan. :D

    BalasHapus
  7. Adminnya pasti Dosen nih yaa? ;))

    BalasHapus
  8. @ Intermediary Blog: Terima kasih sob atas supportnya :D
    @ Pemalang: Wah bisa aja gan, cuma berbagi materi aja di sini gan. :D

    BalasHapus
  9. wah,,admin maniak kimia nih,,semangat bro..salam blogger.

    BalasHapus
  10. wahhh ... Ilmu yng bbermanfaat banget nihh.....

    hayoo-ngeblog.blogspot.com

    BalasHapus
  11. @ Tama011: Bukan maniak gan, mo posting yg lain kaga ngerti nie. :))
    @ Ajee: Terima kasih mas, segera ke TKP. :D

    BalasHapus
  12. lengkap sekali materi asam basa.

    salam.

    BalasHapus

Post Top Ad