DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP MANUSIA

Berikut adalah fakta-fakta yang telah ditimbulkan akibat dari perubahan iklim. Fakta ini diambil dari Climate Change Kit yang merupakan bagian dari Pidato Maha Guru Ching Hai pada saat Konferensi Perubahaan Iklim COP16 di Cancun Meksiko, 18 Dasember 2010. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengunjungi situs SupremeMaster TV atau mendownload langsung melalui situs yang sama. Perubahan iklim dan pemanasan global adalah suatu fenomena yang mau tidak mau harus kita hadapi. Tapi belum terlambat untuk menyelamatkan bumi kita. Lakukan hal sederhana mulai dari hemat energi dan minimalisasi pemakaian kendaraan serta menjaga lingkungan dari sampah; minimalisasi konsumsi daging juga merupakan saran yang baik walaupun sulit untuk dilakukan, dekatkan diri Anda dengan tahu dan tempe, karena dua makanan ini bisa membantu mengurangi emisi karbon yang jumlah sudah melebihi ambang batas. Dunia menghasilkan emisi CO2 lebih dari 30 milyar ton tiap tahunnya, ini belum termasuk emisi non CO2 seperti gas metana, SO2, NO, termasuk juga freon.

Simak fakta-fakta berikut ini, mudah-mudahan menggerakkan hati kita melakukan hal kecil yang bisa menyelematkan dunia.

1. PENGUNGSI IKLIM

  • Terdapat sekitar 25-30 juta pengungsi iklim. Jumlah ini dapat meningkat sampai 200 juta, atau sampai 1 miliar pada tahun 2050
  • “Desa pengungsi iklim” Nepal pertama yang berisi 150 orang terpaksa dipindahkan karena kekurangan air akibat perubahan iklim. (Juli 2010)

2. KONFLIK

  • Komunitas Intelijen Amerika Serikat menganggap pemanasan global sebagai ancaman keamanan yang serius. Analis intelijen terkenal AS Thomas Fingar menyatakan bahwa banjir dan kekeringan akan segera menyebabkan migrasi masal dan kegelisahan di banyak bagian di dunia. (2010)
  • Bukti merujuk pada pemanasan global sebagai penyebab utama dari kekerasan di Darfur.

3. PENYAKIT

  • Temperatur yang memanas menyebabkan penyebaran malaria, virus Bluetongue, virus West Nile, demam berdarah, dan penyakit-penyakit lainnya yang mencapai jutaan orang lebih banyak dan mereka yang belum pernah terkena sebelumnya, pada lintang yang lebih tinggi atau pada benua-benua baru.
  • Sebanyak 400 juta orang lagi dapat terkena malaria pada tahun 2080 karena perubahan iklim
  • Lebih banyak penyakit pernapasan seperti asma dan penyakit mental yang berhubungan dengan bencana diperkirakan terjadi dengan pemanasan global

4. KEMATIAN

Bencana-bencana perubahan iklim sudah bertanggung jawab untuk sekitar 315.000 kematian setiap tahun, dengan 325 juta orang lain yang terkena dampaknya secara serius.

5. KEKURANGAN MAKANAN

  • Setengah dari populasi dunia akan menghadapi kekurangan makanan yang serius dalam abad ini.
  • Panen sudah dipersulit oleh kekeringan atau banjir di Rusia, Jerman, Kanada, Argentina, Australia, Ukraina, Pakistan, dan lain-lain. (Sept 2010)
  • Harga makanan naik 5% secara global pada bulan Agustus 2010. Di Mozambik, reaksi kerusuhan karena kenaikan harga roti menyebabkan 10 kematian dan 300 luka-luka. (Sept 2010)
  • Harga makanan tinggi yang memicu kerusuhan mematikan di seluruh dunia pada tahun 2008 adalah akibat kombinasi dari perubahan iklim dan meningkatnya permintaan untuk makanan ternak dari populasi di India dan China.
  • Jumlah orang yang masih menderita kelaparan melebihi 1 miliar untuk pertama kalinya pada tahun 2009
  • Lebih dari 9 juta orang meninggal di seluruh dunia setiap tahunnya karena kelaparan dan kekurangan makanan. Lima juta adalah anak-anak.

6. KEKURANGAN AIR

  • Sungai-sungai dunia sedang berada dalam “kondisi krisis” pada skala global. Persediaan air untuk hampir 80% dari populasi dunia sedang sangat terancam. Hampir sepertiga dari sumber air yang dikaji diketahui juga terancam akibat kehilangan keanekaragaman hayati
  • Laporan daerah yang baru-baru ini mengalami kekurangan air: Persediaan air Timur Tengah sudah menyusut sampai seperempat dari tingkatnya pada tahun 1960; Sungai Tigris dan Efrat menyusut sampai kurang dari sepertiga dari tingkat normalnya karena kekeringan; Kerajaan Inggris semakin panas, musim panas yang lebih kering dapat menyebabkan kekurangan air yang ekstrim karena aliran sungai berkurang 80%.
  • Sumber-sumber dari air tanah untuk sumur, yang mendukung setengah dari populasi dunia kita, semakin mengering.
  • 1,1 miliar orang kekurangan akses untuk air minum yang aman. (2005)

30 Responses to "DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP MANUSIA"

  1. Climate change juga mempengaruhi sektor pertanian seperti pola tanam yang sekarang sudah mulai berubah akibat perubahan iklim, nice artikel sob, keep on update.

    ReplyDelete
  2. Semoga kita selalu dilindungi dari effect tersebut

    ReplyDelete
  3. mari kita sama-sama menjaga kesehatan kita agar terhindar dari baerbagai macam penyakit kang iia :(

    ReplyDelete
  4. 4 all : Terima kasih komentarnya, selamatkan bumi mulai dr perilaku keseharian kita.

    ReplyDelete
  5. Artikelnya luar biasa, "menakutkan". Tapi manusia belum banyak yang menyadarinya...Postkan huga secara rinci penyebab perubahan iklimnya, Mas!

    ReplyDelete
  6. Sangat menakutkan jika membaca dampak-dampak yang ditimbulkannya. Mari sobat-sobat kita lestarikan alam, minimal lingkungan kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. banyak juga ya dampaknya dari perubahan iklim, harus ekstra hati2 nih menjaga kesehatan,, hehhe,,

    ReplyDelete
  8. Lakukan dari hal yang paling sederhana. Mulailah dari diri sendiri dengan merubah perilaku yang dapat membantu "menyelamatkam" bumi kita. Misalnya bersepeda, makan makanan dari jenis sayur dan buah, dan lain-lain yang penting himbauan agar menyelamatkan bumi tidak sekedar slogan saja...Sukses Mas Bro!

    ReplyDelete
  9. @ IsmanPunggul: Terima kasih Pak, pada kesempatan lain sy akan posting tentang penyebab perubahan iklim. :D

    @ Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia: Setuju gan, mulai dari hal kecil yang bisa kita lakukan, salah satunya porsi waktu untuk kita blogging dipersingkat 15-20% dari durasi biasanya ya gan. :D

    @ Rama88: Wajib gan, kesehatan sangatlah penting, kalau kita sakit siapa yang akan peduli dengan lingkungan yang sudah terlanjur kita cemari/rusak/eksploitasi. :D

    @ Ageboy: Ane setuju dengan pendapat agan, terima kasih gan kunjungannya. :D

    @ Lina@Women's perspectives: Benar sekali. :D

    ReplyDelete
  10. Global Warming tidak akan dapat dihindari; Manusia hanya bisa meminimalisir dampak terhadap lingkungannya sendiri dan sangat terbatas. Dunia (alam semesta), memang sudah uzur!

    ReplyDelete
  11. iklim saat ini benar2 gak bisa di tebak, kadang panas, kadang langsung hujan...

    ReplyDelete
  12. @ CahNdeso: Setuju gan ;))
    @ Rohis Facebook: Sama-sama gan :D
    @ Asis Sugianto: Anomali cuaca gan, thanks gan. :D

    ReplyDelete
  13. Ternyata Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan,
    dan apakah Iklim yang tidak menentu seperti saat ini karna lapisan ozone yang sudah semakin menipis atau pengaruh lain?
    luar biasa, baru tau ane info ini mas bro,?
    Thanks......

    ReplyDelete
  14. @ Zaenal blog: Iya mas, anomali cuaca, banjir di sebagian daerah, tapi kekeringan di daerah lain, bagian dari dampak perubahan iklim akibat akumulasi gas rumah kaca di atmosfer. Akumulasi ini juga membuat lapisan ozon menipis di beberapa bagian bumi dan akan semakin luas.

    ReplyDelete
  15. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back

    ReplyDelete
  16. yang jelas kalau di madura kalau kemarau panjang petani tembakau dan garam senag :-),

    ReplyDelete
  17. @ Anime lover: Terima kasih, Sudah dikonfirmasi gan. :D
    @ Liputan Madura: Iya gan, bener, di sana terkenal dg produksi garamnya ya,. termasuk jembatan suramadu. :|
    @ Jova Company Administrator: Iya gan, terasa banget, yg lebih nyata juga adalah semakin tinggi permukaan air ketika banjir terjadi. :D

    ReplyDelete
  18. wah2...
    kayaknya fakta2 nya agak bertambah ya,,,
    Hhmmm... makin agak parah nih
    semoga bisa kita atasi ya masalah dampak perubhan iklim terhadap manusia.

    ReplyDelete
  19. wah jumlah kematiannya tinggi juga yah sobb,,
    ijin nyimak dlu ya

    ReplyDelete
  20. mari sama2 melestarikan dan menjaga lingkungan di sekitar kita...:)

    ReplyDelete

GET NEW INFORMATION

SOCIAL NETWORK

CB Blogger