Proses Ekstraksi Logam Alkali

Jejaring Kimia - Logam alkali adalah logam yang sangat reaktif sehingga hanya dapat diekstraksi dari senyawanya menggunakan metode elektrolisis atau metode reduksi. berikut penjelasan ringkas proses ekstraksi logam alkali

Lithium [Li] - Metode Elektrolisis

Metode yang dilakukan untuk mengekstraksi lithium adalah dengan menggunakan metode elektrolisis. Sumber mineralnya dapat diperoleh dari spodumen [LiAl(SiO)3]. Spodumen dipanaskan pada suhu 100oC, lalu dicampur dengan H2SO4 panas, dan dilarutkan dalam air untuk memperoleh larutan Li2SO4. Selanjutnya, Li2SO4 direaksikan dengan Na2CO3 untuk membentuk Li2CO3 yang sukar larut.
Li2SO4 + Na2CO3 --> Li2CO3(s) + Na2SO4
Setelah itu, Li2CO3 direaksikan dengan HCl untuk membentuk LiCl.
Li2CO3 + 2HCl --> 2LiCl + H2O + O2
Li dapat diperoleh dari elektrolisis lelehan LiCl sebagai berikut:
Katode: Li+(l) + e- --> Li(l)
Anode: Cl-(l) --> ½ Cl2(g) + e-
Karena titik leleh LiCl tinggi (> 600oC), biaya elektrolisis menjadi mahal. Namun, biaya dapat ditekan dengan cara menambahkan KCl (55% KCl dan 45%LiCl) yang dapat menurunkan titik leleh menjadi 430oC.

Natrium [Na] - Metode Elektrolisis

Metode yang dilakukan untuk mengekstraksi natrium adalah dengan menggunakan metode elektrolisis. Sumber utama logam natrium berasal dari garam batu dan air laut. Natrium hanya dapat diperoleh dari elektrolisis lelehan NaCl menggunakan Sel Down.
Katode: Na+(l) + e- --> Na(l)
Anode: Cl-(l) --> ½ Cl2(g) + e-

Kalium [K] - Metode Reduksi

Metode yang dilakukan untuk mengekstraksi kalium adalah dengan menggunakan metode reduksi. sumber utama logam kalium adalah silvit atau biasa disebut KCl. Logam kalium diperoleh dengan metode reduksi di mana lelehan KCl direaksikan dengan logam Na pada suhu 850oC menurut reaksi:
Na + KCl <--> K + NaCl
Reaksi ini berada dalam kesetimbangan. Karena kalium yang terbentuk mudah menguap, maka kalium dapat dikeluarkan dari system dan kesetimbangan akan bergeser ke kanan untuk memproduksi logam kalium.

Rubidium [R] - Metode Reduksi

Metode yang dilakukan untuk mengekstraksi rubidium adalah dengan menggunakan metode reduksi. logam rubidium dibuat dengan mereduksi lelehan senyawa RbCl menurut reaksi:
Na + RbCl <--> Rb + NaCl
Reaksi ini berada dalam kesetimbangan. Karena Rubidium mudah menguap, maka rubidium dapat diproduksi terus-menerus dengan cara yang sama dengan proses reduksi kalium

Sesium [Cs] - Metode Reduksi

Metode yang dilakukan untuk mengekstraksi sesium adalah dengan menggunakan metode reduksi. logam sesium dibuat dengan mereduksi lelehan senyawa CsCl menurut reaksi:
Na + CsCl <--> Cs + NaCl
Reaksi ini berada dalam kesetimbangan. Karena sesium mudah menguap, maka sesium dapat diproduksi terus-menerus dengan cara yang sama dengan proses reduksi kalium
Proses Ekstraksi Logam Alkali Proses Ekstraksi Logam Alkali Reviewed by Rino Safrizal on 20:00 Rating: 5