KALOR PENGUAPAN SEBAGAI ENERGI PENGAKTIFAN PENGUAPAN

Penguapan merupakan salah satu proses perubahan fisik. Penguapan juga dipandang sebagai suatu reaksi di mana yang berperan sebagai zat cair adalah pereaksi sedangkan hasil reaksi adalah uap yang bersangkutan. Kalor penguapan dan perubahan energy penguapan adalah kalor reaksi dan perubahan entalpi yang dibutuhkan atau dilepaskan pada penguapan 1 mol zat dalam fase cair menjadi 1 mol zat dalam fase gas pada titik didihnya.

Contohnya dapat dilihat dari reaksi pemanasan air pada system terbuka berikut ini:
H2O(l) --> H2O(g) ΔH = + 44 kJ
Selanjutnya, karena penguapan dapat dipandang sebagai proses yang hanya terdiri atas satu tahap, maka kalor penguapan dapat dipandang sebagai energy pengaktifan reaksi penguapan. Berdasarkan perumpamaan ini, kalor penguapan dapat diukur dengan cara yang lazim digunakan untuk energy pengaktifan. Pengukuran energy pengaktifan dilakukan dengan mengukur laju reaksi pada berbagai suhu dan dengan menggunakan persamaan Arrhenius berikut:
Log k = log A (E/2,303 RT)

Keterangan : K = tetapan laju reaksi pada suhu konstan T
A = suatu tetapan
E = energy pengaktifan
R = tetapan gas ideal
T = suhu mutlak
Dengan demikian, kalor penguapan dapat diperoleh dengan mengukur laju penguapan pada berbagai suhu dan dengan mengartikan E sebagai kalor penguapan.
KALOR PENGUAPAN SEBAGAI ENERGI PENGAKTIFAN PENGUAPAN KALOR PENGUAPAN SEBAGAI ENERGI PENGAKTIFAN PENGUAPAN Reviewed by Rino Safrizal on 12:39 Rating: 5