ADSORPSI PADA LARUTAN

Adsorpsi adalah suatu peristiwa penyerapan pada permukaan adsorbe. Misalnya zat padat akan menarik molekul-molekul gas atau zat cair pada permukaannya. Hal ini disebabkan karena zat padat yang terdiri dari molekul-molekul tarik menarik dengan gaya Van der Waals. Jika ditinjau satu molekul, maka molekul ini akan dikelilingi molekul lain yang mempunyai gaya tarik yang seimbang. Untuk molekul, gaya tari dipermukaannya tidak seimbang karena salah satu arah tidak ada molekul lain yang menarik, akibatnya pada permukaan itu akan mempunyai gaya tarik kecil. Adsorpsi dipengaruhi oleh macam zat yang diadsorpsi, konsentrasi adsorben dan zat yang diadsorpsi, luas permukaan, suhu, dan tekanan.

Untuk adsorben yang permukaannya besar, maka adsorpsinya juga semakin besar. Makin besar konsentrasi, makin banyak zat yang diadsorpsi. Sifat adsorpsi pada permukaan zat padat adalah selektif, artinya pada campuran zat hanya satu komponen yang diadsorpsi oleh zat tersebut.
Pengaruh konsentrasi larutan terhadap adsorpsi dapat dinyatakan sebagai berikut:


X/m = k C1/n
Untuk:
X = berat zat yang diadsorspsi
m = berat adsorben
C = konsentrasi zat yang diadsorpsi
n dan k adalah tetapan,
Jika ditulis dalam bentuk logaritma menjadi :
Log (X/m) = n log C – log k
Untuk menentukan n dan k dengan membuat grafik log (X/m) versus log C. sebagai garis lurus, slopenya adalah n dan intersepnya adalah log k, sehingga harga k dapat ditentukan. Menurut persamaan Langmuir (adsorpsi Isoterm Langmuir) dengan notasi sama, hanya bentuk tetapannya yang berbeda.
ADSORPSI PADA LARUTAN ADSORPSI PADA LARUTAN Reviewed by Rino Safrizal on 11:28 Rating: 5