SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM

Teknik analisis yang biasa digunakan untuk mengetahui kadar suatu logam berat dalam perairan adalah teknik spektrofotometri serapan atom (SSA). Prinsip dari spektrofotometri ini adalah penyerapan energi cahaya dengan panjang gelombang tertentu oleh atom-atom netral dalam keadaan dasarnya.

Cuplikan yang diukur oleh SSA berupa larutan, biasanya air sebagai pelarut. Larutan cuplikan mengalir ke dalam ruang pengkabutan, karena terhisap oleh aliran gas bahan bakar dan oksigen yang cepat. Di dalam AAS, nyala berguna untuk pembentukan atom. Atom-atom unsur logam dapat menyerap sinar dengan panjang gelombang tertentu. Penyerapan sinar ini sebanding dengan konsentrasi atom-atom dalam nyala. Setiap pengukuran dengan AAS kita harus menggunakan hallow cathode khusus. Hallow cathode akan memancarkan energi radiasi yang sesuai dengan energi yang diperlukan untuk transisi elektron atom. Dengan mengukur penyerapan cahaya oleh atom-atom dalam nyala maka konsentrasi unsur logam dalam cuplikan dapat ditentukan. Sebelum dilakukan pengukuran absorbans, cuplikan harus dilarutkan dulu baik dalam air ataupun dalam asam hingga diperoleh larutan homogen.

Metode AAS ini berguna untuk menentukan konsentrasi ion logam yang rendah (ppm sampai ppb). Contohnya adalah penentuan kadar logam berat merkuri dalam perairan sungai.
SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM Reviewed by Rino Safrizal on 10:03 Rating: 5