STRUKTUR ATOM

Sampai saat ini tidak ada satu alatpun yang mampu melihat bentuk dan susunan atom. Oleh karena itu, beberapa ahli membuat suatu model untuk menjelaskan keadaan suatu atom yang sebenarnya. Meskipun belum dapat diketahui dengan pasti, tetapi para ahli dapat menjelaskan kondisi atom melalui gejala-gejala yang dapat ditangkap dari sifat-sifat unsure, sebab atom merupaka bagian terkeci dari unsur.
Penyelidikan tentang atom dimulai dengan ditemukannya sifat listrik dari suatu materi. Apabila sebatang sisir plastic digosokkan pada rambut yang tidak berminyak, maka batang listrik tersebut akan menarik potongan-potongan kecil kertas. Peristiwa itu menunjukkan bahwa sisir mempunyai sifat listrik. Jika ditinjau lebih jauh, maka sisir merupakan materi yang tersusun oleh atom-atom. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa atom mempunyai sifat listrik.
Gejala kelistrikan atom makin menarik para ahli fisika sehingga pada perkembangan selanjutnya diketahui bahwa atom tersusun dari partikel-partikel penyusun atom (partikel sub-atom). Penemuan-penemuan partikel sub-atom menunjukkan bahwa atom merupakan kumpulan partikel sub atom yang tersusun sangat rumit.
Perkembangan ilmu pengetahuan fisika khususnya yang menyangkut fisika atom mengalami kemajuan yang sangat pesat setelah J.J. Thomson menemukan partikel elementer yang dinamakan electron. Penemuan electron ini merupakan hal sangat penting dalam fisika atom sebab dengan penemuan ini telah berhasil mengubah pendapat para ahli fisika pada saat itu. Atom bukan lagi sebagai bagian terkecil dari suatu unsur karena ternyata masih bisa di bagi-bagi lagi ke dalam bagian-bagian lain diantaranya adalah elektron
Bertitik tolak dari penemuan tersebut mulailah para ahli fisika mereka-reka bagaimanakah gambaran atom (model atom) yang sebenarnya. Dimulai oleh Thompson yang dikenal dengan model atom roti kismisnya, kemudian Rutherford, Niels Bohr,dan spectrum hydrogen.
Beberapa hal yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Model atom thompson
2. Model atom rutherford dan hamburan partikel alpha
3. Model atom bohr
4. Spektrum atom hidrogen
Download versi lengkapnya DI SINI

1 Response to "STRUKTUR ATOM"

  1. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    ReplyDelete

GET NEW INFORMATION

SOCIAL NETWORK

CB Blogger