KARBONDIOKSIDA: SIFAT DAN DAMPAKNYA

Masalah lingkungan hidup dewasa ini makin memerlukan perhatian. Manusia memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di lingkungannya untuk hidup. Kita mengambil makanan dari apa yang tumbuh dan hidup di darat dan di air. Kita menghirup oksigen dari udara. Kita menggunakan batu bara, minyak dan bahan alam lainnya untuk menghasilkan energi ataupun untuk menjalankan pabrik-pabrik. Pabrik-pabrik itu menghasilkan barang-barang yang berguna untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan manusia. Namun dibalik itu ada sesuatu yang perlu mendapat perhatian serius dari kita, yakni hasil buangan dari pabrik tersebut yang berupa gas kabondioksida.
Lalu apa yang dapat dilakukan? Pertama perlu kita pahami bahwa proses kehidupan, industri dan kegiatan manusia berkaitan dengan perubahan kimia yang dapat dikendalikan. Demikian pula proses pengolahan limbah oleh alam merupakan proses kimia yang berlangsung sesuai dengan hukum-hukum kimia. Jadi, dengan ilmu kimia kita dapat membantu alam dalam mengolah limbah itu dalam mendukung kegiatan kita.
Pada makalah ini akan dibahas mengenai salah satu pencemar yang ada di udara, yakni gas karbondioksida, proses terbentuknya dan akibat-akibat yang ditimbulkan gas tersebut.
Senyawa CO2 adalah gas atmosfer yang terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen. Karbondioksida adalah hasil dari pembakaran senyawa organic jika cukup jumlah oksigen yang ada. Juga dihasilkan oleh berbagai mikroorganisme dalam fermentasi dan dihembuskan oleh hewan. Tumbuhan menyerap karbondioksida selama fotosintesis, memakai baik karbon maupun oksigen untuk membuat karbohidrat. Hadir di atmosfer bumi dengan konsentrasi rendah dan bertindak sebagai gas rumah kaca. Adalah bagian utama dari siklus karbon.
Beberapa hal yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah sebagai berikut:
  1. Ciri-ciri kimia dan fisika carbon dioksida
  2. Karbondioksida dalam kajian anorganik
  3. Kegunaan karbon dioksida
  4. Karbon dioksida kaitan dengan biologi
  5. Ujian bagi gas CO2

Kebaikan gas CO2 kaitannya dengan lingkungan dan penanggulangan

Karbondioksida merupakan salah satu emisi gas rumah kaca yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global, selain itu ada satu gas lagi yaitu gas metana yang memiliki dampak emisi 76 kali lebih hebat dari karbondioksida; simak ulasannya di sini
Download versi lengkap tentang karbondioksida di sini
KARBONDIOKSIDA: SIFAT DAN DAMPAKNYA KARBONDIOKSIDA: SIFAT DAN DAMPAKNYA Reviewed by Rino Safrizal on 10:00 Rating: 5